"Perkembangan Dinamika Politik di Timteng" by Ust @abdullahhaidir1


"Perkembangan Dinamika Politik di Timteng"

Dari Twit ustadz Abdullah Haidir, Lc 
(Riyadh, Sabtu 4/4/2015)

1. Perkembangan yang terjadi di kawasan timur tengah sangat dinamis dan cepat. Silih berganti, saling berkejaran dan kait mengkait..

2. Saya coba rangkum dalam beberapa twit kedepan, moga bermanfaat.

3. Kita mulai dari perkembangan terakhir pasukan koalisi muslim ke Yaman terhadap pemberontak syiah Houtsi. Penyerangan udara masih terus berlangsung.

4. Berita terakhir, Houtsi di Aden mulai terdesak. 95% wilayah Aden sudah dikuasai pasukan rakyat Yaman, menurut wagub Aden..

5. Dikabarkan pula pasukan Houtsi sudah meninggalkan gedung pemerintahan di Aden. Namun mrk arahkan tembakan ke bangunan2 sipil dlm kota..

6. BreakingNews: Aljazeera: Wapres Yaman terguling, Ali Abdullah Shaleh, dikabarkan menyempal dan kabur ke Oman....

7. Pasukan Houtsi mulai tampak hilang kendali, pasukan loyalis Abdullah Shaleh sendiri, sekutu Houtsi, sdh banyak yg membelot..

8. Namun inipun belum dapat dikatakan mereka telah dilumpuhkan. Tampaknya koalisi harus bekerja keras utk segera selesaikan operasi ini..

9. Berita terakhir, pasukan koalisi menyuplai persenjataan baru kepada pasukan rakyat Yaman. Tampaknya ini menjadi opsi yg akan dipilih..

10. Ada yg menganjurkan agar koalisi terjunkan pasukan daratnya, adapula yang anjurkan agar koalisi cukup backup senjata pasukan rakyat...

11. Hingga kini belum ada kepastian, opsi mana yang akan dipilih.. hanya saja suplay senjata koalisi thd pasukan rakyat, cukup berikan indikasi...

12. Bahwa koalisi akan pesenjatai rakyat Yaman utk hadapai Houtsi. sebenarnya mayoritas rakyat Yaman tolak Houtsi, hanya mrk kalah persenjataan.

13. Perkembangan menarik lainnya adalah statement Partai Ishlah yang terang2an berada dipihak koalisi dan serukan perlawanan rakyat thd Houtsi.

14. Sebelumnya Partai Ishlah cenderung menahan diri dlm bersikap, meski tidak menolak, namun tidak tampak berikan dukungan total..

15. Ishlah ini adalah partai Islam di Yaman, terbesar kedua setelah partainya Abdullah Shaleh. Disebut2 dialah mitra Presiden Hadi saat menjabat.

16. Pernyataan sikap Partai Ishlah ini tentu lahir dari adanya kesepahaman dg koalisi, khususnya Saudi utk bahu membahu mengatasi krisis Yaman.

17. Secara politis, banyak yg menilai bhw hal ini dianggap sebagai awal rekonsiliasi Saudi thd IM. Partai Ishlah disebut2 sbg representasi IM di Yaman.

18. Di sisi lain, Mesir smakin menjauh. Asisi sendiri tlah nyatakan tentara Mesir utk Mesir. Sementara media Mesir semakin sering pojokkan Saudi.

19. Maka, sangat mustahil kalau ada yg katakan tentara zionis ikut serta dlm pasukan koalisi. Wong Mesir saja sudah mulai enggan... apalagi mrk.

20. Beralih ke Suriah, berita gembira pasukan mujahidin rebut kembali kota Idlib. Kota yg cukup strategis. Pukulan telak bagi rezim Bashar.

21. Sebagai balasan helicopter rezim Bashar jatuhkan puluhan atau ratusan bom-bom gentong ke wilayah2 pemukiman di berbagai kota di Suriah..

22. Yang cukup mengenaskan adalah kontak senjata yg terjadi antara ISIS dan pasukan mujahidin lainnya di kamp pengungsi Palestina, Yarmuk..

23. Alih-alih ISIS serang pasukan rezim Bashar, mereka malah sibuk serang sesama kelompok mujahidin di Yarmuk.

24. Padahal Yarmuk, tanpa mrk serang pun, sudah sangat menderita akibat blockade pasukan rezim Bashar. Tindakan mereka (ISIS) sangat menguntungkan rezim Bashar.

25. Hingga kini kontak senjata dikabarkan terus berlangsung, dikabarkan mujahidin berhasil pukul mundur ISIS... tapi rakyat sangat menderita..

26. Beralih ke Irak, setelah sekian lama tak berhasil tundukkan kota Tikrit, milisi Syiah dan tentara pemerintah Irak, akhirnya berhasil masuk.

27. Kota Tikrit ini kantong Sunni di Irak, terkenal sbg tempat kelahiran Sadam. Beberapa waktu lalu, ISIS datang duduki kota ini.

28. Dgn datangnya ISIS ke Tikrit, Pemerintah Irak dan milisi Syiah punya alasan utk serang Tikrit. Mereka pun minta bantuan AS dan sekutunya.

29. Maka, dengan dukungan pasukan koalisi AS dan sekutunya, tentara pemerintah dan milisi Syiah berhasil duduki kota Tikrit..

30. Akibatnya tidak ada ampun bagi warga sunni di Tikrit, mereka jadi bulan2an milisi Syiah yg lakukan penjarahan dan pembakaran...

31. Beberapa pejabat Irak mengecam ulah milisi Syiah yg lakukan penjarahan di Tikrit, namun banyak yg mengatakan itu cuma lips service saja..

32. Kasus kota Tikrit ini nyaris sama dg beberapa kota sunni di Irak lainnya, spt Moshul. ISIS datang dg kekerasan dan menduduki kota tsb..

33. Lalu pasukan AS bekerja sama dg milisi Syiah bekerjasama serang kota tsb dan lakukan tindak kekerasan thd penduduknya atas nama perangi ISIS!

34. Beralih ke Iran, penduduk negeri ini sekarang sedang bersuka cita, rakyatnya turun ke jalan2.... ada apa?

35. Rupanya krn Negara ini dianggap berhasil dlm perundingan dg negara2 Barat terkait dg program nuklir mereka.

36. Kesimpulannya adalah telah disepakati bhw Iran hentikan program persenjataan nuklirnya dan siap diawasi oleh tim yg telah ditunjuk..

37. Kompensasinya adalah embargo ekonomi yang selama ini diberlakukan negara2 barat thd Iran akan dicabut..

38. Banyak analisa ttg latarbelakang kesepakatan ini dan implikasinya. Ada yg mengatakan bahwa Iran sedang mengevaluasi kebijakan LN yg keras..

39. Lebih jauh analisanya, adalah babak baru hubungan Iran dengan barat yang lebih bersahabat dan saling bekerjasama. Apakah lahir aliansi baru?

40. Adapula yg mengatakan bhw Iran mengalami dampak ekonomi yg berat akibat pertikaianya dg negara2 barat selama ini. Mrk ingin perbaik dlm negri.

41. Dengan dihapusnya embargo negara2 Barat, maka diharapkan pembangunan di Iran semakin dpt digenjot utk menguatkan kondisi dlm negeri.

42. Ada yg mengatakan bhw ini ada kaitannya dg gejala bersatunya Negara2 muslim Suni. Amerika dan Iran sama2 butuhkan teman utk hadapinya.

43. Beralih ke Mesir, Negara ini masih dilanda demonstrasi yg tak kunjung henti di berbagai kota menentang rezim kudeta yg otoriter.

44. Sebagian masyarakat seperti tidak ada lelahnya menentang rezim kudeta ini, padahal berbagai tindak kekerasan thd demonstran sering terjadi..

45. Di sisi lain, militer Mesir kembali digoncang oleh serangan kelompok bersenjata di daratan Sinai. Puluhan tentara tewas...

46. Entah mengapa, hingga kini, militer Mesir spt tdk berdaya tumpas kelompok ini. Aksi balasan biasanya hanya sesaat..

47. Mesir akan semakin terpojok, jika serbuan koalisi ke Houtsi di Yaman membuahkan hasil. Sedangkan peran Saudi semakin menonjol..Wallahu a'lam


0 Response to ""Perkembangan Dinamika Politik di Timteng" by Ust @abdullahhaidir1"

Post a Comment